Rabu, 21 November 2007

mahasiswa dalam paribasa sunda

Ilmu, Bandung, dan Mahasiswa dalam "Paribasa" Sunda



Penguasaan ilmu pengetahuan dan kemampuan memberdayakan pikiran menjadi salah satu sebab berbedanya derajat manusa dari makhluk lainnya. Sato busana daging, manusa mah busana ?lmu.


Oleh karenanya, Gusti Nu Maha Suci mengutus manusia sebagai pemimpin guna memelihara bumi-Nya. Ya, ilmu pisan modal untuk memenuhi perintah-Nya. Sebab, kedudukan ilmu amat penting. Bukankah ada kalimat yang menyatakan, pek nyiar elmu sing soson-soson, sok sanajan tepi ka nagri China.

Kita jangan cepat berpuas diri akan sebuah ilmu yang telah dimiliki. Sebab, elmu teh lir sagara nu jero tan wates wangenna. Apalagi, ilmu mah tidak akan susah bila dibawa kemana pun, uncal mah tara ridueun ku tanduk.

Akan tetapi, jangan kokomoan. Keseimbangan tetap menjadi patokan. Elmu tungtut dunya siar, sukan-sukan sakadarna, indung hukum bapa darigama. Hal tersebut untuk keselamatan dunia dan akhirat.

Bertalian dengan ilmu, ras teringat akan kawih nelengnengkung-nelengnengkung, geura gede geura jangkung, geura sakola ka Bandung, geura makayakeun indung. Meski kawih tersebut agak tak ajek juga karena diimbangi dengan paribasa bengkung ngariung, bongkok ngaronyok, inggis ku bisi rempan ku sugan. Inggisna ge inggis batan maut hinis, yang berarti lebih baik berkumpul dengan keluarga ketimbang hidup mengembara.

Kawih nelengnengkung teh ternyata terbukti dalam pajamanan kiwari. Entah karena cacandran Bandung heurin ku tangtung atau entah urang Bandung mah tidak ngelmu tumbila, selamanya darehdeh someah hade ka semah. Akhirnya, penduduk Bandung saban tahun terus melesat.

Mentang-mentang adat kakurung ku iga, kelakuan di kampungnya dibabawa ka Bandung. Seharusnya mereka menerapkan filosofi pindah cai pindah tampian alias menyesuaikan diri terhadap adat atau kebiasaan di tempat perantauan.

Karena darehdeh someah hade ka semah, akhirnya orang-orang datang dari pelbagai penjuru, ti nanggerang lila beurang, ti nanggorek lila poek, ngaleut ngangkeuy ngabandaleut, ngembat-ngembat nyatang pinang, sebab takut digolongkan dalam paribasa urang kampung bau lisung, cacah rucah atah warah. Hasilnya, Bandung makin heurin ku tangtung, apalagi dalam masa penerimaan sekolah seperti sekarang. Parahnya, jumlah mahasiswa yang datang ke Bandung tidak berbanding dengan jumlah mahasiswa yang meninggalkan Bandung. "Lali ka purwadaksi"

Jumlah penduduk Bandung yang kian meledak menyebabkan pembangunan di Bandung seperti awi sumaer di pasir, bingung luwang-liwung, tidak jelas dasar pijakannya.

Tujuan utama calon mahasiswa ngabring ke Bandung untuk nungtut elmu nyucruk panemu, nyuprih pangarti ngala kabisa, keur miceun katuna. Namun, manusia, termasuk mahasiswa, terkadang sok keuna ku owah gingsir.

Tidak sedikit mahasiswa kabawa ku sakaba-kaba, salah arah dari tujuan awalnya. Yang tadinya hendak menuntut ilmu malah pelengkung bekas nyalahan. Mereka ng?lmu sapi, bersama-sama hanya dalam hal negatif. Fatwanya, tidak gaul jika tidak mengunjungi diskotek, tidak modern jika tidak mabuk, padahal hal macam tersebut berbau kabarat-baratan.

Mereka lali ka purwadaksi. Dari ngelmu sapi lalu jadi ngelmu angklung, joledar-tambelar alias memerkosa kepercayaan orangtuanya. Padahal, orangtuanya ngabelaan dug hulu pet nyawa alias banting tulang mencari penghasilan untuk membiayai putranya. Istilah huap hiji ge diduakeun bukan ucapan hampa makna.

Bukankah kasih sayang orangtua mah lir gunung tanpa tutugan sagara tanpa tepi, kasih sayang yang tiada batasnya. Sudah mah kolot kolotok, tuna dari ilmu pengetahuan, ditambah kita yang disekolahkannya menghambur-hambur uang demi hura-hura belaka.

Merasa bangga dengan status mahasiswa, merasa buncir leuit loba duit, meski gindingna ginding kakampis, mereka hanya berharap banjir pujian. Padahal, di rumahnya sangat memprihatinkan, gindingna ginding bangbara. Tindakan seperti itu bakal terjerembab pada paribasa gindi pikir belang bayah. Adigung

Sikap mahasiswa seperti itu sangat tidak baik, apalagi bila dibubuhi "uniko", "sumuhun", "usaha nipu kolot" tea. Padahal, keselamatan dan kebahagiaan kita bergantung rida orangtua, indung tunggul rahayu, bapa tangkal darajat. Rida Allah rida anjeunna.

Atuh, yang memang benar-benar belajar hingga selesai setidaknya telah mendapat gelar sarjana. Ilmu jangan didiamkan saja. Agar kapipit hasilna kaala buahna, amalkan ilmu dalam kehidupan, lantas berikan kepada masyarakat luas. Tentu manfaatnya bakal terasa hingga kita sudah rup ka padung, rap ku lemah, katuruban taneuh beureum, maut namanya.

Akan tetapi, kita jangan ngelmu ajug, fasih menasihati orang lain, namun kita sendiri melanggarnya, kawas pantun teu jeung kacapi. Karena telah menjadi sarjana, merasa diri paling pintar, adigung, adiguna, kakeunaan ku aen, berharap banjir ujian, sikapnya jadi kumaha aing, asa aing uyah kidul. Apalagi jika berani menasihati orang yang legok tapak genteng kadek alias yang lebih berpengalaman, sama saja dengan nyiduh ka langit, mapagahan ngojay ka meri.

Padahal, uteuk tongo dina tarang batur kanyahoan, gajah depa dina tarang sorangan tan katingalan. Bisa saja orang yang dianggap kita buruk sejatinya lebih baik dari kita. Jerona sagara bisa diteuleuman, hate jelema najan deet moal kakobet.

Tidak ada komentar: